Manta Point

Manta Point

Manggarai Barat- Pulau Komodo bagaikan pulau New 7 Wonder lagi berbenah diri jadi destinasi darmawisata kategori bumi. Pulau yang populer bagaikan lingkungan natural Komodo ini pula menyuguhkan panorama alam dasar laut kategori bumi.
Pulau Komodo mempunyai 42 titik penyelaman( spot diving) dengan lebih dari 1. 000 tipe ikan yang bisa disaksikan para penyelam. Di dasar laut pulau ini pula ada ikan Pari Manta yang jadi energi raih untuk penyelam.
” Di mari pula terdapat Pari Manta yang jadi subjek diving. Di mari Pari Manta nya kita piket tidak bisa terdapat bom ikan sebab ini salah satu binatang sangat jarang,” ucap Kepala Gedung Taman Nasional Komodo, Helmi, dikala kunjungan ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa( 5 atau 4 atau 2016).
Pari Manta yang terdapat di area Pulau Komodo, berlainan dengan Pari Manta di spot diving yang lain semacam di Derawan, Kalimantan Utara. Bagi Helmi, Pari Manta di area Pulau Komodo bisa ditemukan masing- masing hari tidak tergantung pada masa. Apalagi di mari terdapat spot yang lazim diucap Manta Poin.
” Di mari masing- masing hari terdapat serta gampang ditemukan. Apalagi di mari Pari Manta nya besar- besar, lebarnya dapat 3 m. Inilah salah satu kekayaan di Pulau Komodo,” ucapnya.
Helmi berkata, di Pulau New 7 Wonder ini ada ribuan tipe ikan, 385 tipe karang, 23 tipe mangrove. Komodo pula dibilang Helmi bagaikan jantung karang bumi.
” Sebab itu kita senantiasa mengimbau pada nelayan janganlah sekali- kali memakai bom ikan ataupun toksin yang bisa membuat mati biologi laut. Tercantum kemarin Pak Menko Bahari cocok kunjungan ke mari, ia menginstruksikan Bu Susi( Menteri KKP) buat melindungi laut di Taman Nasional Komodo,” ucap Helmi.
Sebaliknya, Dirjen Pelestarian Pangkal Energi Alam serta Ekosistem( KSDAE) Departemen LHK, Tachrir Fathoni, berkata Taman Nasional Komodo mempunyai kemampuan aktivitas darmawisata terestrial ialah trekking serta bird watching, spesialnya memandang fauna Komodo yang ialah fauna purba, dan kemampuan darmawisata perairan semacam snorkeling serta diving yang jadi kesukaan turis.
” Dengan jumlah wisatawan Taman Nasional Komodo per tahun sebesar 90. 000 turis pada tahun 2015, dengan analogi turis asing sebesar 90 persen serta turis nusantara 10 persen,” cakap Tachrir di peluang yang serupa.