Pulau Sebayur

Pulau Sebayur

Pulau Sebayur terletak di Area Taman Nasional Komodo – Labuan Bajo – Manggarai Barat, Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan Bertambahnya jumlah wisatawan yang datang ke Flores khususnya untuk pergi ke Pulau Komodo.

Selain untuk melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga.

Pulau Sebayur mengkategorikan resort di pulaunya sebagai Dive Club yang sudah berlisensi PADI. Satu-satunya resort yang terdapat di Pulau Sebayur ini bernama Komodo Resort Dive Clubs yang dibangun oleh orang Italia. Terletak dekat dengan Pulau Rinca yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menuju ke sana, sedangkan dari Labuan Bajo perjalanan dengan kapal membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Pulau Sebayur juga menawarkan pelayanan maksimal serta fasilitas yang lengkap untuk para divers. Target pengunjung yang menginap di sini adalah siapa yang mengambil paket menyelam di Dive Clubs Sebayur ini. Jika dilihat dari panorama sekitar pulau, memang masih kalah dibandingkan dengan panorama yang dimiliki resort-resort di pulau lain karena keadaan pulau terbilang cukup gersang dan kurang asri pemandangan bukitnya.

Akan tetapi sebenarnya memang bukan panorama atas pulau yang diutamakan, sebagai pusat singgah para penyelam lokasi Sebayur sendiri terletak sangat dekat dengan beberapa titik diving yang terkenal indah di sekitar Laut Flores. Batu Bolong, Castle Rock, Crystal Rocks, dan lain-lain jaraknya hanya beberapa menit dari pulau, yang membuat waktu perjalanan menuju spot dive lebih cepat sehingga waktu diving akan jauh lebih efektif dan tidak terbuang karena lamanya perjalanan.

Arsitektur yang tersaji untuk penginapan di Komodo Resort merupakan percampuran modern barat dan tradisional NTT dilihat dari desain exterior kamar yang berbentuk cottage ala rumah tradisional NTT namun dikemas secara modern. Interior kamarnya pun sangat modern mirip seperti hotel-hotel di kota yang berbintang, Jumlah kamarnya pun kurang lebih 10 Unit.

 

Sumber : https://www.betantt.com